Cara Kerja Panel Otomatis Genset

Saat ini banyak genset terutama yang digunakan dalam bidang industri menggunakan panel otomatis genset terbaik. Dengan menggunakan panel otomatis tersebut  memang harus diakui memiliki keuntungan tersendiri sehingga banyak disarankan oleh beberapa ahli. Oleh sebab itu, banyak yang pihak yang menjual panel-panel otomatis tersebut terutama di marketplace digital dengan berbagai fitur dan harga yang berbeda-beda.akan tetapi, sebenarnya bagaimana cara kerja dari panel tersebut? Berikut penjelasan singkatnya.

Pertama-tama, pastikan jika settingan panel otomatis yang kalian miliki diatur dalam kondisi auto dan bukan manual.Hal ini dikarenakan dalam kondisi auto maka genset bisa bekerja secara otomatis dan tidak perlu dibutuhkan operator.Sedangkan bila kalian mengatur panel dalam kondisi manual maka kalian masih harus menggunakan operator dan tidak bisa otomatis sehingga tidak terlalu berguna.

Kedua, kalian perlu mengetahui jika yang membuat genset menyala otomatis sebenarnya bukan panel otomatis tapi modul panel otomatis.Modul itulah yang membuat genset bisa langsung menyala saat listrik utama padam secara tiba-tiba.Agar bisa menyala dengan otomatis maka modul tersebut harus diatur pada mode otomatis. Untuk letak modul tersebut, kalian tidak perlu repot mencarinya karena sudah menyatu menjadi bagian dari genset.

Setelah semuanya terpasang dan diatur dengan baik, maka langkah terakhir adalah mengirimkan sinyal. Panel akan mengirimkan sinyal ke modul agar menyala. Karena modul sudah diatur dalam mode otomatis maka sesaat setelah listrik mati genset akan langsung menyala secara otomatis.

Meskipun terlihat cukup sulit dan ribet, tapi sebenarnya cara kerja panel otomatis genset tersebut terbilang mudah sehingga kalian bisa mempelajarinya dengan cepat. Hal ini penting karena jika sewaktu-waktu panel otomatis tersebut mengalami kerusakan maka kalian bisa mengetahuinya dengan cepat dan bisa langsung memperbaikinya.Meskipun sebaiknya kalian menyerahkan urusan perbaikan pada teknisi ahli, tapi jika kerusakannya cukup kecil maka bisa kalian perbaiki sendiri.Baru jika kerusakannya cukup serius kalian bisa memanggil teknisi ahli yang berpengalaman agar tidak membuat genset tersebut semakin rusak.

 

Tagged : /

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *